Jasa SEO : Wisata Kepulauan Seribu Salah Satunya Adalah Pulau Pari

2. Pulau PariPulau Pari adalah salah satu pulau yang terdapat di Kepulauan Seribu kota Jakarta. Semenjak tahun 2011 Pulau Pari dijadikan tempat wisata dan mulai berkembang yang berbasis dari penduduk Pulau Seribu. Beberapa pulau sebelumnya sudah mulai berkembang dan ramai di Kepualuan Seribu. Mulai dari Pulau Pramuka yang saat ini dijadikan ibukota dari Kepulauan Seribu, Pulau Untung Jawa yang dikembangkan langsung oleh pemerintah daerah Jakarta, Pulau Tidung dengan jembatan cintanya lalu Pulau Pari yang saat ini terkenal akan pantai pesisir perawannya. Masing-masing pulau yang di Kepulauan seribu ini memiliki ciri khas sehingga banyak dikenal oleh para wisatawan.

Dahulu, Pulau Pari ini hanya sebatas sebagai sebuah penelitian khusus habitat laut, mulai dari terumbu karang sampai rumput laut. Ada sebuah lembaga yang melaksanakan penelitian di sini namanya LON LIPI. Biasanya banyak dikunjungi oleh para wisatawan sebatas melihat bahkan ada yang sedang melaksanakan penelitian. Kebanyakan penelitian yang dilakukan adalah tentang ekosistem dan biota yang ada di laut.

Hal ini yang menumbuhkan kelestarian alam yang selalu terjaga dan menjadi keanekaragaman hayati di laut ini khususnya di sekitar Pulau Pari. Untuk wilayah yang ada Pulau Pari ini, sebagaian besar masih dikuasai oleh pihak perusahaan berbasis swasta dan sebagaian kecil masih milik penduduk lokal dari Pulau Pari itu sendiri. Hal inilah yang membuat pemukiman di sana jarang bahkan sangat sedikit. Sebagaian besar penduduk yang hidup di sana bertempat tinggal di atas tanah yang menjadi milik perusahaan swasta.

Objek Wisata Pulau Pari Kepulauan Seribu

Objek wisata dari Pulau Pari yang utama adalah pantai pasir perawan yang ada di bagian timur laut Pulau Pari ini. Pasir putih ini terhampar dengan panjang sekitar 500 meter ke utara. Di sekitar pantai tumbuh hutan mangrove yang sangat efektif untuk mengurangi abrasi dari ombak. Terlihat pemandangan yang indah di utara pulau yaitu bernama Lagoon. Jika mengalami surut, Lagoon bisa dijadikan salah satu daratan pasir putih, terkdang ada genangan air dimana biasanya ada habitat laut, seperti ikan kecil, bintang laut dan lain-lain. Ketika surut bisa menelusuri Lagoon dengan jalan kaki, namun jika pasang bisa naik perahu untuk menikmati pemandangan yang ada di sana.

 Di Pulau Pari, biasanya para wisatawan berbagai aktifitas, mulai dari diving, snorking, mancing, berenang, permainana air yang sangat beragam antara lain: jetsky, sofa boat, banana boat, kano dan donat boat. Untuk menikmati aneka macam permainan air ini harus mengeluarkan biaya yang sangat terjangaku mulai dari 35.000 rupiah setiap satu orang.

Itulah keindahan alam yang dimiliki oleh Pulau Pari. Bagi yang penasaran dan ingin berlibur di sana, bisa menggunakan jenis kapal feri tradisional yang bisa didapatkn dari Muara Angke dengan jangka tempuh sekitar 2 jam-an. Harga tiket dari kapal feri ini sangat murah sehingga tidak heran ribuan wisatawan ingin berkunjung dan menikmati liburan di sana. Bisa juga dengan naik kapal speadboat yang lebih nyaman hanya membutuhkan jarak tempuh sekitar 1 jam-an. Namun harga tiketnya jauh lebih mahal dibandingkan kapal feri tradisional. Tinggal memilih saja jalur transportasi yang diinginkan.

Jika sudah memasuki kawasan Kepulauan Seribu, jangan sampai melupakan untuk berfoto-foto pada setiap tempat karena pemandangan yang ada di sana sangat langka, hanya ada di sana.

Comments & Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *