Panorama Wisata Pulau Pari Yang Menawan

2. Panorama Wisata Pulau Pari yang MenawanKeindahan yang sangat menakjubkan diberikan oleh Kepulauan Seribu khususnya di Pulau Pari dengan menggunakan fasilitas yang terbaik dan biaya murah sudah bisa menikmati aneka macam wisata yang ada di sana. Pulau Pari merupakan jenis pulau yang elok dengan pantai yang terkenal dan populer yaitu pantai pasir perawan. Pantai yang berupa wilayah laut yang tenang atau lagoon yang memiliki kedalaman sekitar 5 meter dikelilingi pulau dan batu karang sepanjang pinggirannya. Pantai yang tenang, indah dan bersih membuat daya tarik tersendiri bagi wisatawan baik dalam maupun luar negeri.

Panorama Wisata Pulau Pari

Pantai pasir perawan merupakan lingkungan yang bersih, asri dan masih alami. Menghadap ke arah laut dengan struktur pesisir berkelak-kelok memanjang ditaburi pasir putih yang sangat lembut. Dilengkapi bibir pantai yang berupa hutan bakau yang indah dan rindang. Pulau Pari mempunyai keunikan yaitu cekungan yang berfungsi untuk penampungan air hujan yang jatuh. Sehingga Pulau Pari memberikan air tawar yang lain dan berkualitas.

Akibat cekungan yang ada di Pulau Pari berdampak pada vegetasi yang lain. Pada umumnya pesisir laut berupa mangrove dan pohon kelapa, namun untuk Pulau Pari akan menemukan berbagai macam pohon, mulai dari pohon cemara, pinus, pisang, buah naga, mangga, jambu air, palem, srikaya, jamblang dan lain-lain. Pulau Pari terbagi atas dua bagian yaitu bagian badan sampai ekor yang berada di barat pulau dan bagin kepala yang berada di bagian timur laut. Fungsinya berbeda, bagian barat ada cekungan dan menjadi lokasi pemukiman warga dan vegetasi air tawar yang terbaik. Sedangkan untuk bagian timur ada pesisir pantai yang elok dan luas. Di sini hutan mangrove masih alami dan dilestarikan oleh masyarakat sekitar Pulau Pari.

Luas dari Pulau Pari ini sekitar 43 hektar dengan populasi penduduk sekitar 750 orang. Pulau Pari tidak sama dengan kepualuan lain yang ada di Kepulauan Seribu. Pulau yang memiliki suasana sepi dan rapi sehingga membuat daya tarik dan jatuh hati para wisatawan. Kebersihan dan tata ruang yang ada di sana diperhatikan dengan baik. Pulau Pari pemukimannya tumbuh pohon rindang dengan jarak antara rumah tidak berdempetan. Untuk wisatawan yang mau di saan, dibatasi maksimal 300 orang. Berbeda dengan pulau-pulau yang lain untuk berlibur di sana tanpa batas wisatawan ketika hari libur panjang.

Ekowisata Pulau Pari

Pulau Pari ini dijadikan satu pulau untuk ekowisata karena keanekaragam dan kekayaan hayati ekosistem lautnya. Di sini juga terdapat tempat penelitin biota laut dan riset perkembangan pelestarian perairan. Pulau Pari terkenal berhasil dalam budidaya rumput laut semenjak tahun 1997. Banyak terumbu karang yang masih hidup dan alami, mulai dari brain corals, soft corals, labrith corals, pakis laut dan lain-lain.

Oleh karena itu, tidak heran jika Pulau Pari menjadi tempat wisata yang nyaman dan aman sengan suasana yang sepi dan tenang dengan panorama keasrian dan kelestarian wisata pantai dan pesisirnya. Hembusan angin yang sepoi seakan membuat pulau ini menjadi milik para wisatawan.

Bagi para wisatawan yang ingin belribur dengan jngak yang lama, Pulau Pari memberikan fasilitas penginapan dengan pelayanan yang terbaik dan memuaskan. Tidak perlu membawa peralatan yang banya, karena di Pulau Pari sudah tersedia. Hal ini memudahkan untuk para wisatawan selama menikmati liburan di Pulau Pari.

Comments & Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *